Seperti yang sudah diketahui, saat ini Piala Indonesia 2018/19 sudah memasuki babak final, yang di mana mempertemukan antara PSM Makassar melawan Persija Jakarta. Setelah Persija menjadi tuan rumah, kini giliran PSM yang akan melawan tim Macan Kemayoran di kandangnya sendiri, yakni Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (28/07) sore mulai pukul 15:30 WIB. Namun tigas PSM pada laga itu cukup berat, karena mereka harus mampu mengalahkan Persija dengan margin 2 gol, setelah di laga leg pertama kalah dengan skor 1-0.

Siapa pun yang keluar sebagai juara, tim tersebut akan tercatat sebagai juara baru Piala Indonesia. Karena kejuaraan yang dulunya bernama Copa Indonesia tersebut baru 6 kali dilangsungkan, dengan menjadikan Sriwijaya FC sebagai tim tersukses dengan koleksi 3 gelar juara, diikuti oleh Arema FC dengan 2 gelar juara, dan kemudian Persibo Bojonegoro dengan koleksi 1 gelar. Persibo sendiri menjadi tim yang terakhir meraih juara pada tahun 2012 yang lalu, yang berarti Piala Indonesia (Copa Indonesia) telah mati suri selama lebih dari 6 tahun hingga kemudian dilangsungkan lagi pada edisi 2018/19 kali ini.

Bicara soal final Piala Indonesia, setidaknya ada total 4 pemain dari kedua tim yang pernah merasakan final Piala Indonesia era jaman dulu atau jadul. Berikut adalah kelima nama pemain tersebut.

Ismed Sofyan

Nama pertama adalah Ismed Sofyan, pemain Persija Jakarta yang pernah bermain di final Copa Indonesia 2005 atau edisi yang pertama. Namun sayangnya kala itu Ismed gagal memberikan trofi untuk Persija setelah dikalahkan oleh Arema FC melalui babak extra time.

Tony Sucipto

Selanjutnya ada pemain Persija, Tony Sucipto, yang pernah bermain dalam tiga laga final Copa Indonesia bersama Sriwijaya FC, masing-masing pada edisi 2007/08, 2008/09, dan 2010. Menariknya ketiga laga final itu semuanya dimenangkan oleh Sriwijaya FC. Sampai saat ini Tony menjadi satu-satunya pemain di antara skuat Persija dan PSM yang pernah merasakan gelar juara Copa Indonesia.

Zulkifli Syukur

Zulkifli Syukur pernah bermain di final Copa Indonesia 2010 membela Arema FC. Namun sayangnya pada laga itu Arema harus mengakui keunggulan Sriwijaya FC dengan skor 2-1. Pada pertandingan itu Arema juga harus bermain 10 pemain sejak babak pertama, setelah striker bengal mereka asal Singapura, Moh. Noh Alam Shah mendapat kartu merah.

Beny Wahyudi

Beny Wahyudi adalah rekan setim Zulkifli Syukur di Arema pada final Copa Indonesia 2010 yang lalu. Kini keduanya bahu-membahu membantu PSM untuk bisa memenangkan trofi perdana Piala Indonesia 2018/19.

Suka bermain casino? Langsung saja mainkan di SBOBET dengan klik 988bet.org demi mendapat lebih banyak bonus.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *