Wasit Wawan Rapiko baru-baru ini menjadi bahan perbincangan hangat para pecinta atau bahkan pelaku sepak bola Indonesia. Hal itu terjadi setelah dia membuat keputusan kontroversial di laga lanjutan Liga 1 2019 antara Persela Lamongan melawan Borneo FC di Stadion Surajaya, Lamongan, Senin (29/07) malam yang lalu. Pada pertandingan itu dia menghadiahi tim tamu dengan tendangan penalti di penghujung laga.

Penalti terpaksa diberikan karena kiper Persela, Dwi Kuswanto yang sudah mengamankan bola terlihat dengan sengaja menanduk pemain Borneo FC, Wahyudi Hamisi. Hadiah penalti itu pun diprotes keras oleh para pemain dan pelatih Persela, terlebih kala itu tim Laskar Joko Tingkir sudah bersusah payah untuk menjaga skor tetap 2-1 untuk kemenangan mereka. Protes pun berlangsung cukup lama, hingga kemudian eksekusi penalti akhirnya dilakukan pada menit ke-115. Striker Borneo FC, Lerby Eliandri yang menjadi algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik dan membuat skor berubah menjadi 2-2 dan bertahan hingga Wawan meniup peluit tanda berakhirnya laga tepat pada menit ke-122.

Ini bukan kali pertama wasit Wawan membuat kontroversi dalam pertandingan resmi. Karena setidaknya ada 2 keputusan kontroversial lainnya yang pernah dia buat di laga sebelumnya, berikut adalah ulasannya.

Persiba Bantul vs PSGC Ciamis

Wawan pernah hampir menjadi bulan-bulanan pemain Persiba Bantul pada laga lanjutan Liga 3 2018 melawan PSGC Ciamis. Namun hal itu disebabkan karena adanya salah pemahaman dari para pemain Persiba. Kejadian itu bermula ketika Wawan memberikan penalti kepada PSGC, di aman hadiah tendangan 12 pas itu dieksekusi oleh Khairunnas pada menit ke-69. Namun beruntung, kiper Persiba kala itu, Jordyno Putra Dewa berhasil menepis tendangan penalti tersebut.

Meskipun berhasil ditepis, namun bola ribbon justru hampir masuk ke dalam gawang Persiba. Namun beruntungnya Jordyno dengan sigap langsung menyapu bola menjauh dari mulut gawang, meskipun dirinya harus berbenturan dengan pemain PSGC. Karena terjadinya benturan tersebut Wawan lantas meniup peluit sebagai tanda adanya pelanggaran dan tendangan bebas untuk Persiba. Namun para pemain Persiba salah memahaminya, di mana mereka mengira bahwa Wawan akan kembali memberikan hadiah penalti kepada PSGC. Tidak berselang lama kemudian Wawan berhasil meredakan situasi dan menjelaskan kepada pemain Persiba bahwa itu adalah tendangan bebas untuk mereka.

Persija Jakarta vs Borneo FC

Babak semi-final Piala Indonesia 2018/19 antara Persija Jakarta melawan Borneo FC pada 29 Juni 2019 yang lalu juga dipimpin oleh wasit Wawan. Pada laga yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut Wawan mengusir Finky Pasamba karena menjegal pemain lincah Persija, Riko Simanjuntak. Tidak hanya itu, beberapa kali Wawan juga membuat keputusan yang dianggap merugikan Borneo FC, hingga membuat pelatih Roberto Carlos Mario Gomez sering melancarkan protes keras dari tepi lapangan.

Mau dapat pemasukan tambahan? Segera pasang prediksi terbaikmu hanya di SBOBET dengan cara klik 988bet.net.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *