Sampai saat ini Lionel Messi masih dianggap sebagai salah satu bintang terbesar yang pernah dimiliki oleh Barcelona. Meskipun usianya sudah mulai memasuki kepala tiga, namun performa Messi masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Ia pun masih menjadi pemain andalan di lini depan Barcelona.

Sekedar informasi, Messi memulai kariernya di tim senior Barcelona pada tahun 2004 yang lalu. Sejak bermain untuk tim utama Barcelona, pemain asal Argentina itu sudah pernah ditangani oleh enam pelatih yang berbeda. Mereka adalah Frank Rijkaard (2003-2008), Pep Guardiola (2008-2012), Tito Vilanova (2012-2013), Gerardo Martino (2013-2014), Luis Enrique (2014-2017), dan Ernesto Valverde (2017-sekarang).

Pep Guardiola

Dari beberapa pelatih ternama tersebut, Messi mengaku sangat merindukan sosok Guardiola. Karena dia menilai bahwa pelatih yang kini menangani Manchester City itu mempunyai gaya melatih yang unik.

“Guardiola adalah guru (pelatih) yang unik bagi saya. Ia adalah pelatih yang memberi peringatan anda pada segala hal yang bakal terjadi dalam pertandingan,” kata Messi dilansir Fox Sports.

Kerinduan Messi pada Guardiola memang bisa dimaklumi, mengingat pria berkepala plontos itu bisa dibilang sebagai pelatih tersukses dalam sejarah Barcelona. Selama menangani Barcelona, Guardiola telah memenangi 14 trofi bergengsi, di mana dua di antaranya adalah trofi Liga Champions Eropa.

Pelatih yang hampir menyamai kesuksesannya adalah Joan Gamper yang merupakan pelatih pertama Barcelona, yang berhasil mempersembahkan 12 trofi bergengsi selama periode 1902-1917. Sementara di tempat ketiga ada nama pelatih pencetus tiki taka, Johan Cruyff yang berhasil mempersembahkan 11 gelar juara pada periode 1988-1996. Bagaimana dengan kamu, sudah pernah dapat juara apa saja? Kalau belum, kini saatnya kamu jadi pemenang dalam permainan Play1628 dengan mengunjungi Lojistiksektoru.com.

Andres Iniesta dan Xavi Hernandez

Selain Guardiola, dua sosok lainnya yang sangat dirindukan kehadirannya oleh Messi di Barcelona adalah Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Bersama keduanya, Messi mendapat banyak pelajaran berharga, mengingat baik Iniesta dan Xavi adalah pemain yang berwibawa baik di dalam maupun di luar lapangan.

“Saya juga rindu dengan Andres Iniesta dan Xavi. Bersama mereka, yang saya tahu hanyalah kami yang bisa menang tak peduli siapa pun lawan yang dihadapi,” pungkasnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *